Makalah Mahasiswa Tahun 2006

  1. Penyelesaian Permasalahan 8-Puzzle dengan Menggunakan Algoritma A* (A Star)

  2. Oleh: Igor Bonny Panggabean (13504022), Yoseph Suryadharma (13504037), dan Prasetyo Nugroho (13504039)

  3. Penyelesaian Berbagai Permasalahan Algoritma dengan Kombinasi Algoritma Brute Force dan Greedy

  4. Oleh: Anggriawan Sugianto (13504018), David Susanto (13504019), dan Zakka Fauzan Muhammad (13504020)

  5. Penerapan Algoritma Needleman-Wunsch Sebagai Salah Satu Implementasi Program Dinamis pada Pensejajaran DNA dan Protein

  6. Oleh: Muhammad Reza Firdaus Zen (13504048), Sila Wiyanti Putri (13504051), dan Muhammad Fajrin Rasyid (13504055)

  7. Algoritma Pencarian dalam Daftar Tak Terurut pada Komputasi Kuantum (Algoritma Grover)

  8. Oleh: Paramita (13504040), Ratna Ekasari Prihandini (13504043), dan Mia Kamayani Sulaeman (13504052)

  9. Penerapan A* Sebagai Salah satu Algoritma Branch and Bound pada Aplikasi Global Positioning System (GPS)

  10. Oleh: Humasak Simanjuntak (Politeknik Del), Marajohan Sigiro (Politeknik Del)

  11. Pencarian Langkah Terbaik Penyelesaian Sistem Persamaan Linier dengan Algoritma Breadth First Search

  12. Oleh: Bhimantyo Pamungkas (13504016), Jimmy Karisma Ramadhan (13504025), Rangga Wisnu Adi Permana (13504036)

  13. Aplikasi Algoritma Pencarian String Knuth-Morris-Pratt dalam Permainan Word Search

  14. Oleh: Gahayu Handari Ekaputri (13504031), Yulie Anneria Sinaga (13504085)

  15. Penerapan Algoritma Greedy dalam Permainan Monopoli

  16. Oleh: Masykur Marhendra SN (13504063), Syaugi (13504014), Yudi Haribowo (13504111)

  17. Penggunaan Algoritma Divide and Conquer untuk Pembedaan Konteks Kata Kerja dan Kata Benda dalam Translasi Bahasa Inggris - Bahasa Indonesia

  18. Oleh: Iqbal Farabi (13504074), Hafiz Badrie Lubis (13504110), Rachmat Lianda (13504114)

  19. Algoritma Viterbi dalam Metode Hidden Markov Models pada Teknologi Speech Recognition

  20. Oleh: Angela Irfani (13504011), Ratih Amelia (13504012), Dyah Saptanti P (13504017)

  21. Algoritma Tabu Search dan Penggunaannya dalam Penyelesaian Job Shop Schedulling Problem

  22. Oleh: M. Noversada (13503029), Fitri Meiriza (13504001), Dyah Ayuni Wijayanti(13504028)

  23. Penelaahan Algoritma Rabin-Karp dan Perbandingannya dengan Algoritma Knuth-Morris-Pratt

  24. Oleh: Nicolas Andres (13504109), Christopher (13504117), Hadi Saloko (13504157)

  25. Penggunaan Algoritma Divide and Conquer dalam Parallel Computing Untuk Melakukan 3D Rendering

  26. Oleh: Giovanni Sakti Nugraha (13504096), Odit Ekwardo (13504079), Fata Mukhlish (13504084)

  27. Paduan Aplikasi Algoritma Branch and Bound dan Backtracking dalam Pencarian n - Jarak Tersingkat dalam Sistem GPS

  28. Oleh: Ryan Sosiawan (13504065), Pradita Herdiansyah (13504073), Nashirudin Anwar (13504086)

  29. String Matching dengan Menggunakan Algoritma Rabin Karp

  30. Oleh: Najib Baedlowi (13504096), Deka Aditia Adam (13504162)

  31. Penerapan Algoritma Program Dinamis pada Penyelesaian Persoalan Partisi

  32. Oleh: Diah Eka Yulianti (13504003), Mira Yunarti (13504009), Robi Kurniawan (13504015)

  33. Penerapan Algoritma Boyer-Moore untuk Pengecekan Plagiatisme Source Code

  34. Oleh: Redya Febriyanto (13504014), Sherry Bayu Zulfianto (13504032), Hanindyo Wirotomo (13504047)

  35. Penerapan Algoritma Divide and Conquer dala Permasalahan Lahan Parkir

  36. Oleh: Eka Yusrianto T (13504116), Laksito Anindyo (13504122), Reyhan Y Pohan (13504126)

  37. Heap Sort Alternative Sorting in Contiguous List

  38. Oleh: Dian Syahfitra (13504021), M. Irvan Fradian (13504024), Ahmad Zufri (13504044)

  39. Penggunaan Metode Dynamic Programming dalam Perencanaan dan Pengendalian Proyek dengan PERT/CPM

  40. Oleh: Reza Rachman Mohammad (13504061), M. Randy Desmond Ibrahim (13504069), Eko Budhi Susanto (13504075)

  41. Aplikasi Algoritma Runut Balik dan Pencocokan String dalam Code Translation dari Suatu Bahasa Pemrograman ke Bahasa Pemrograman Lain pada Level Analisis Leksikal

  42. Oleh: Herbert Bontor Meilando Sinaga (13504125), Made Harta Dwijaksara (13504137), Yohanes (13504158)

  43. Penerapan Algoritma Greedy pada Permainan Othello

  44. Oleh: Rian Permana Putra (13504083), Dadan Ramdan Mangunpraja (13504087), Satrio Ajie Wijaya (13504092)

  45. Penerapan Algoritma Genetika pada Persoalan Pedagang Keliling (TSP)

  46. Oleh: Aulia Fitrah (13504058), Achmad Zaky (13504076), Fitrasani (13504108)

  47. Perbandingan Algoritma Greedy dan Variannya dalam Penyelesaian Persoalan Shortest Common Superstring

  48. Oleh: Budi Satrio (13504006), Ivan Kurniawan (13504007), Selvira Afiffa (13504050)

  49. Dynamic Programming untuk Optimasi Sponsorship Peserta Kompetisi Balap F1

  50. Oleh: Rindhu Astry Nalistia (13504005), Arya Widyanarko (13504030), Ahmad Zamakhsyari Sidiq (13504053)

  51. Penerapan Algoritma Program Dinamis pada Penyelesaian Persoalan Partisi

  52. Oleh: Diah Eka Yulianti (13504003), Mira Yunarti (13504009), Robbi Kurniawan (13504015)

  53. Perbandingan Heap Sort dan Quick Sort dalam Proses Pengurutan Data

  54. Oleh: Simon H S (13504056), Amalia Rahmah (13504065), Yudhie Harmadji S (13504098)

  55. Penerapan Algoritma Time-Warped Longest Common Subsequence dalam Pengaksesan Berkas Musik

  56. Oleh: Vicky Nugraha Putra (13504129), Raymond Ralibi (13504153)

  57. Algoritma Branch and Bound dalam Penyelesaian Persoalan Matriks Math Magic

  58. Oleh: Hasanul Hakim (13504091), Ilham Fatoni (13504121), Nazar Iskandar Fajri (13504151)

  59. Penerapan Algoritma Levenshtein Distance untuk Mengoreksi Kesalahan Pengejaan pada Editor Teks

  60. Oleh: Muhammad Bahari Ilmy (13504062), Nitia Rahmi (13504068), Roland L Bu'ulolo (13504072)

  61. Penerapan Algoritma Brute Force pada Formulasi Jumlah Varian Fragmen DNA (Partial Digest Problem)

  62. Oleh: Andzarrahim (13504013), Tara Baskara (13504042)

  63. Penerapan Program Dinamis dala Pencarian Solusi Perkalian Matriks Berantai

  64. Oleh: Shinta Marino (13504130), Indriani Noor Hapsari (13504150), Aye Aye Min (13504163)

  65. Penerapan Algoritma Genetika pada Permainan Rubik's Cube

  66. Oleh: Abigael Angela Pardede (13504026), Shanny Avelina Halim (13504027), Denny Nugrahadi (13504054)

  67. Penerapan Algoritma BFS, DFS, DLS dan IDS dalam Pencarian Solusi Water Jug Problem

  68. Oleh: Nusyamsiah Pertiwi (13504059), Esty Hutami Dewi Lubis (13504071), Lafrania Taufik (13504097)

  69. Eksplorasi Algoritma Greedy by Mass, Profit, Volume, Profit/Mass atau Profit/Volume untk Persoalan Integer Knapsack yang Bendanya Berupa zat Kimia dengan Massa Jenis Tertentu

  70. Oleh: Riyani Mardikaningrum (13504113), Nushanti (13504154), Vania Karimah (13504160)

  71. Penggunaan Algoritma Breadth First Search dalam Aplikasi Penduplikasian Situs

  72. Oleh: Philip Anderson (13503060), Wijoyo Simanjuntak (13504035)

  73. Mempercepat Algoritma Brute Force dalam Permasalahan Pencockan String

  74. Oleh: Goppy Gita Gustaman (13504146), Akhmad Muhammad (13504152)

  75. Kompresi Video Menggunakan Discrete Cosine Transform

  76. Oleh: Hananto Edy Wibowo (13504002), Indra Sakti Wijayanto (13504029), Nugroho Herucahyono (13504038)

  77. Pemaketan Tur Klub Sepakbola dengan Algoritma Branch and Bound

  78. Oleh: Bayu Hendra W (13504138), Wisnu Manupraba (13504148)

  79. Implementasi Algoritma Breadth First Search dan String Matching pada Sistem Pakar

  80. Oleh: Fajar Juang Ekaputra (13503079), Windarto Harimurti (13503089), Aqsa Ahiperwira (13503090)

  81. Analisis Algoritma Pencarian Rute Terpendek dengan Algoritma Dijkstra dan Bellman - Ford

  82. Oleh: Gilang Adi Nugroho (13503056), Agam Syauqi Lamaida (13503056), Yahdi Ahsana (13503123)

  83. Penerapan Algoritma Breadth First Search dalam pencarian Solusi Knight Game

  84. Oleh: Novi Setiani (13504119), Mastura Diana Marieska (13504136), Thazin Aungsoe (13504163)

  85. Berbagai Variasi Algoritma Huffman

  86. Oleh: Erry Febrian Pratama (13503065), Christoforus (13503094), William Simanjuntak (13503097)

  87. Algoritma Predictive Text Input Sederhanan Berbasis Algoritma Depth First Search

  88. Oleh: Ardian Franindo (13504106), Tessa Ramsky (13504124), Jamal Saepul Aziz (13504156)

  89. Analisis Penggunaan Algoritma Greedy dalam Program Solusi Fisibel Basis Awal Transportasi

  90. Oleh: Komang Gita A (13504057), Heryanto (13504081), Stefanus A N (13504107)

  91. Penerapan Algoritma Runut-Balik untuk Penyelesaian Teka-Teki Sudoku

  92. Oleh: Morenvino M (13504034), Ray A Iswara (13504045), Anton R S (13504046)

  93. Persoalan Cryptarithmetic denfan Algoritma Backtracking

  94. Oleh: Elisa Sibarani (Mhs Politeknik Del), Inte Bu'ulolo (Mhs Politeknik Del), Rosni Lumbantoruan (Mhs Politeknik Del)

  95. Penerapan Algoritma Greedy pada Optimasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas Sederhana

  96. Oleh: Rocky Hartono (13503127), Devis Wawan Saputra (13504112), Joel THP Hutasoit (13504144)

  97. Penyelesaian N-Queens Problem Secara Depth First Search Memanfaatkan Pola Bit dan Kesimetrian

  98. Oleh: Steven Jethefer (13504080), Chandra Gondowasito (13504100), Anthony Hartanto (13504102)

  99. Penggunaan Algoritma Branch and Bound dan Program Dinamis dalam Pemecahan Masalah Rubik's Cube

  100. Oleh: Ibnul Qoyyim (13504066), Arief Pratama (13504070), Raden Tomi Akhmad Fadlan (13504094)

  101. Algoritma Pencarian Solusi Game Mastermind

  102. Oleh: Rudianto (13504099), Catherine Tobing (13504105), Aulia Hakim (13504135)

  103. Penerapan Algoritma Branch and Bound pada String Error Corection

  104. Oleh: Ardhana Aryomukto Wibowo (13504004), Herianto (13504077), Meirza Auriq (13504103)

  105. Analisis Beberapa Algoritma untuk Menyelesaikan Puzzle Sudoku

  106. Oleh: Yudha Setia RGP (13504118), Ditto Narapratama (13504132), Amahl Abdalkarim Salim (13504140)

  107. Algoritma Boyer-Moore dalam Pencarian String

  108. Oleh: Imam Sulistyo (Matematika), Adie Pradipto (Matematika), Adi Setia Perwira (Matematika)

  109. Penerapan Algoritma Depth First Search (DFS) Dinamis Untuk Menentukan Apakah Sebuah String Diterima oleh Bahasa Reguler yang Didefinisikan Deterministic Finite Automata

  110. Oleh: Muhammad Ihsan (13504120), Ilden Abi Neri (13504145), Hafda Bayu Nanda (13504155)

  111. Pemampatan Data dengan Pengkodean Huffman Dinamis

  112. Oleh: Mohammad Satrio Utomo (13504134), Azman Nurgozali (13504122), Julian Sukmana Putra (13504143)

  113. Penerapan Algoritma Branch and Bound untuk Menentukan Arah Evolusi

  114. Oleh: Mohamad Firda Fauzan (13504127), Tri Aji Nugroho (13504141), Ivan Sugiarto Widodo (13504149)

  115. Pencarian Solusi Permainan Tebak Angka dengan Algoritma Divide and Conquer

  116. Oleh: Ahmy Yulrizka (13504115), Arizka Dikson (13504133), Satrya Pratama Kadranyata (13504147)

  117. Deteksi Kemiripan Kode Program dengan Metode Preprocessing dan Perhitungan Levenshtein Distance

  118. Oleh: Dani (13504060), Timotius Grady Limandra (13504082), Lie Roberto Elliantono Adiseputra (13504128)

  119. Algoritma Heap Sort

  120. Oleh: Paul Gunawan Hariyanto (13504023), Dendy Duta Narendra (13504033), Ade Gunawan (13504049)

  121. Program Pembuat Teka-Teki Silang

  122. Oleh: Ferry Pranolo (10104053), M. Rio Pratama (10104041), Edho Prima Arief (10104001)

  123. Analisis Penerapan Algoritma Backtracking dalam Pencarian Solusi Game "Mummy Maze Deluxe"

  124. Oleh: Faradina Ardiyana (13504067), Kania Adityarani (13504089)

  125. Pencarian Solusi ptimal Pemilihan Lubang pada Permainan Congklak dengan Algoritma Greedy dan Program Dinamis

  126. Oleh: Alifia (13504088), Frilla Ariani (13504093), Tania Krisanty (13504101)