Fakultas Teknologi Industri
Institut Teknologi Bandung
Tugas
Pemrograman
Semester I Tahun 2002/2003
Buatlah
program di lingkungan Windows yang
memiliki kemampuan:
1.
Membaca
berkas bitmap (BMP) – baik citra greyscale maupun citra berwarna – dari
media penyimpanan.
2.
Menampilkan
citra bitmap ke layar.
3.
Menampilkan
informasi tentang citra yang ditampilkan: ukuran lebar (panjang dan lebar dalam
satuan pixel), ukuran berkas bitmap, jumlah warna, dan sebagainya.
4.
Melakukan
operasi rotasi 90, 180, dan 270 derajat. Bonus nilai jika dapat melakukan
operasi dengan sudut selain 90, 180, dan 270 (misal 35 derajat).
5.
Melakukan
operasi translasi.
6.
Melakukan
operasi zoom.
7.
Melakukan
operasi flipping.
8.
Membuat
citra biner.
9.
Melakukan
operasi pengambangan (threshold sembarang).
10.
Membuat
citra negatif.
11.
Melakukan
operasi image brightness.
12.
Melakukan
operasi contrast stretching.
13.
Menampilkan
histogram citra.
14.
Melakukan
perataan histogram (histogram
equalization).
15.
Melakukan
operasi pembentukan histogram (histogram spesification)
16.
Melakukan
operasi aritmetika lain (misalnya operasi aritmetika, Boolean)
Kelompokkan
semua fungsi di atas ke dalam menu sebagai berikut:
Berkas Sunting Citra Bantuan
- Buka
- Undo - Rotasi -
Perihal (pembuat program)
- Tutup - Salin -
Translasi
- Simpan - Tempel -
Zoom
-
Flipping
-
Negatif (inversi)
-
Pengambangan
-
Histogram
- Peningkatan mutu
- Perbaikan kecerahan
- Peregangan kontras
- Perataan histogram
- Pembentukan histogram
- Operasi Aritmetika Lain
- Penjumlahan dua buah citra
- Pengurangan dua buah citra
- Perkalian citra dengan skalar
- Pembagian
citra dengan skalar
- Informasi
(struktur
menu pada Paint Shop dan Adobe Photoshop dapat dijadikan
perbandingan).
Tugas
dibuat per kelompok @ 3 orang.
Waktu pengerjaan: maksimum 4 minggu sejak tugas
ini diberikan.
Bahasa
pemrograman: dianjurkan C/C++ dengan kompilator/tools under Windows bebas.
Primitif
citra harus dibuat sendiri, misalnya alokasi memori matriks, menampilkan citra
ke layar, penyimpanan ke file.
Untuk
setiap menu, gunakan citra uji yang sesuai (misalnya untuk operasi peregangan
kontras, gunakan contoh gambar yang memiliki kontras rendah. Ini dapat
diusahakan dengan cara “merusak” gambar dengan program pengolah citra komersil
seperti Paintshop atau CorelDraw. Citra uji harap disimpan
bersama-sama dengan program tugas di dalam disket.
Citra
uji standard dapat di-download di http://informatika.org/~rinaldi.
Yang
dikumpulkan:
1.
Disket
berisi source program + executable.
2.
Laporan
yang berisi:
-
capture layar-layar untuk setiap
menu/submenu dengan contoh gambar
-
source program